arrow-down

Call For Papers

Gereja merupakan komunitas umat yang ditebus oleh dan beriman kepada Tuhan Yesus Kristus.  Eksistensi gereja didasarkan pada Amanat Agung yang disabdakan Kristus pasca-kebangkitan-Nya (Mat. 28:18-20) dan diinaugurasikan sejak peristiwa Pentakosta oleh karya Allah Roh Kudus (Kis. 2).  Dewasa ini, gereja-gereja dari berbagai tradisi sedang menghadapi berbagai tantangan dan problematika yang menghambat pertumbuhan dan dinamika.  Gereja sepertinya telah kehilangan vitalitasnya untuk mendobrak setiap rintangan yang menghadang terlaksananya misi Allah.  Gereja seolah tidak berdaya menghadapi roh zaman (zeitgeist), misalnya menghadapi rasionalisme, sekularisme, pragmatisme, konsumerisme, hedonisme, pascamodernisme, dan lain-lain.  Gereja tampaknya lebih “digarami dunia” ketimbang menjadi “garam dunia” (Mat. 5:13).

Persoalan di atas membuat kita perlu berefleksi secara kritis tentang apa yang sudah gereja lakukan dalam menghadapi arus zaman. Apakah kita sebagai gereja puas dengan keadaan gereja hari-hari ini? Apakah kebergantungan pada anugerah Allah Tritunggal sama saja dengan keengganan untuk bangkit dari kelesuan rohani dan tetap melekat pada zona nyaman?  Adakah ketidakpuasan yang kudus (holy discontentment) di antara orang percaya untuk kembali membangunkan gereja? Jikalau ada keprihatinan demikian, bagaimana kerinduan tersebut diejawantahkan dalam daya upaya untuk merevitalisasi gereja Tuhan? Akhirnya, bagaimana gereja dapat menghadapi, bertahan dan, bahkan, mengatasi kecenderungan stagnasi dan deklinasi.

Tujuan utama dari simposium teologi ini adalah menyediakan ruang diskusi dan mengumpulkan berbagai perspektif studi biblika dan teologi/doktrinal dari berbagai latar tradisi teologis (Reformed, Metodis, Pentakosta, Karismatik, dsb.) dan/atau dari perspektif gereja (evangelikal/injili, ekumenikal, dsb.) dengan tema besar: Revitalisasi Gereja.  Simposium ini diadakan untuk memfasilitasi suatu forum di mana para mahasiswa pascasarjana teologi, dosen teologi, dan rohaniwan dapat mengutarakan gagasan, saling berbagi dan berdiskusi secara keilmuan, dan turut bersumbangsih bagi revitalisasi gereja di Indonesia.  Di dalam simposium ini, panitia membuka tiga subtema di mana potensi revitalisasi gereja dapat diupayakan dan dikembangkan, antara lain:

  1. Pertumbuhan gereja, misi dan penginjilan
  2. Liturgi dan ibadah
  3. Pengajaran doktrinal

Kami mengundang para peneliti, praktisi teologi (dosen dan mahasiswa teologi di tingkat pascasarjana), dan rohaniwan untuk mengirimkan abstrak dan paper yang menyajikan perspektif studi biblika dan teologi dari berbagai tradisi teologis kekristenan tentang Revitalisasi Gereja dengan fokus terhadap tiga subtema yang telah disebutkan di atas.

  • PENGUMPULAN ABSTRAK : 04 JANUARI 2020

Abstrak yang dikirimkan berkisar antara 250-400 kata dan akan diseleksi terlebih dahulu. Di dalam abstrak tersebut penulis perlu mencantumkan: judul tentatif paper, abstrak, dan informasi diri penulis (termasuk: nama, nomor kontak, status [mahasiswa pascasarjana, dosen, atau rohaniwan], alamat surel, dan institusi asal).

  • PENGUMUMAN PENERIMAAN ABSTRAK : 11 JANUARI 2020

Hasil seleksi abstrak oleh panitia akan diinformasikan kepada tiap penulis via surel. Setelah hasil seleksi abstrak diumumkan oleh panitia, penulis dapat menyelesaikan penulisan paper akademik tersebut dan mengirimkannya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Panjang paper: 5000-7000 kata dalam format Word (docx)
  2. Pengutipan referensi mengikuti Turabian 8. Pedoman pengutipan dapat diunduh di tautan berikut:  http://bit.ly/pedomanpengutipan
  3. Paper harus ASLI, belum pernah dan tidak dalam rencana dipublikasikan ke manapun.
  4. Paper yang diterima menjadi hak milik panitia simposium STT SAAT untuk dipublikasikan dalam bentuk prosiding atau artikel di Jurnal Veritas.
    Jurnal Veritas dapat dilihat di tautan berikut: https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas

__________________________

PENGUMPULAN FINAL PAPER: 27 MARET 2020

  • Naskah abstrak dan final paper disampaikan ke alamat surel [email protected]
  • Pastikan memberikan judul subjek dengan format: “Abstrak/Paper_Nama_Judul Paper
    • Contoh:
      • Abstrak_Sastra Budiharja_Peranan Liturgi dalam Revitalisasi Gereja
      • Paper_Sastra Budiharja_Peranan Liturgi dalam Revitalisasi Gereja
  • Anda akan mendapat balasan surel maksimal 2 hari setelah surel dikirimkan.
  • Jika belum, silakan menghubungi contact person panitia.
  • Dua atau maksimal tiga orang peserta dapat menulis satu paper ( co-authoring ) dengan biaya registrasi tetap dihitung per peserta
Simposium Teologi – Revitalisasi Gereja